Desa Gitgit mendapatkan jatah 100 Vaksin Covid19

Administrator 27 Mei 2021 15:47:46 WITA

Untuk mencegah virus Covid 19 Desa Gitgit pemerintah memberikan 100 Vaksin COvid 19 kepada masyrakat untuk mencegah penularan. 

aksin COVID-19 di Indonesia adalah hal penting yang dapat membantu memutus rantai penyebaran virus corona. Untuk diketahui, vaksin adalah zat atau senyawa yang diberikan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. 

Vaksin dapat mengandung bakteri atau virus yang telah dilemahkan atau dimatikan. Pada beberapa jenisnya, bisa juga berupa bagian dari bakteri atau virus tersebut.

Dengan vaksin, kekebalan tubuh dapat terbentuk. Hal ini karena ada stimulasi pada sistem imun tubuh, agar membuat antibodi terhadap penyakit menular yang ditargetkan. 

Tujuan Pemberian Vaksin COVID-19 di Indonesia

Sama seperti di negara lain, tujuan pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia adalah untuk mengendalikan penyebaran infeksi virus corona, yang sempat jadi pandemi. Vaksinasi COVID-19 dapat merangsang terbentuknya imunitas di dalam tubuh atau disebut juga antibodi. 

Dengan begitu, kekebalan pada tubuh dapat terbentuk. Selain itu juga dapat meminimalkan segala risiko yang dapat timbul akibat virus corona secara optimal. Termasuk berbagai macam komplikasi dan bahkan kematian.

Pemberian vaksin COVID-19 di Indonesia dilakukan sebagai bagian dari program pemerintah. Tentunya setelah vaksin diuji coba, dipastikan ampuh dan tentu saja aman. 

Selain itu, tujuan dilakukannya vaksinasi ini adalah untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). Tujuan lainnya dari pemberian vaksin ini adalah melindungi dan memperkuat kesehatan masyarakat secara menyeluruh.

Jenis-Jenis Vaksin COVID-19 yang Ada di Indonesia

Ada berbagai macam vaksin COVID-19 yang masuk ke Indonesia dengan tingkat efikasi yang berbeda-beda. Berikut penjelasan lebih lengkap tentang beberapa jenis vaksin COVID-19:

1. Pfizer-BioNTech

Pfizer-BioNTech adalah vaksin yang menggunakan metode mRNA atau vaksin asam nukleat. Vaksin ini menggunakan materi genetik dari virus corona yang berguna untuk menghasilkan antibodi dengan cara memberikan instruksi pada sel-sel di tubuh. 

Efikasi dari vaksin ini sekitar 95 persen dan sudah banyak digunakan di banyak negara, seperti Amerika Serikat, Australia, Korea Selatan, dan juga Indonesia. Vaksin ini diberikan dalam 2 dosis agar ampuh.

2. Sinovac

Vaksin COVID-19 ini juga digunakan di Indonesia. Asalnya dari China, dan terbuat dari virus corona yang tidak aktif. Virus yang tidak aktif ini dimasukkan ke tubuh karena dapat memicu pembentukan kekebalan tetapi tidak terjadi infeksi. 

Tingkat efikasi dari vaksin ini berbeda-beda di tiga negara dengan angka 50,65, 65,3, dan 91,21 persen, dengan dua dosis suntikan. Vaksin ini adalah yang pertama digunakan di Indonesia dan juga di beberapa negara lain, seperti Brazil, Filipina, dan Malaysia.

3. AstraZeneca

Vaksin AstraZeneca adalah vaksin COVID-19 yang juga digunakan di Indonesia. Vaksin ini diproduksi oleh perusahaan asal Inggris dan Universitas Oxford, dengan menggunakan vektor virus yang memanfaatkan Adenovirus (virus yang dilemahkan). 

Hal ini berguna untuk mengirimkan protein lonjakan dari virus corona ke dalam tubuh agar dapat membentuk antibodi, sehingga risiko berbahaya dapat diminimalkan. Tingkat efikasinya mencapai 70 persen, dengan dua kali dosis.

4. Moderna

Jenis vaksin COVID-19 lainnya yang digunakan di Indonesia adalah Moderna. Vaksin ini berasal dari Amerika Serikat dengan menggunakan metode mRNA, atau materi genetik untuk merangsang sel tubuh agar membuat antibodi. 

Tingkat efikasi dari vaksin Moderna adalah sekitar 95 persen, dan telah digunakan di banyak negara dan tentunya di Amerika Serikat. Vaksin ini diberikan dalam 2 dosis agar sistem imunitas terhadap virus corona terbentuk sempurna.

5. Novavax

Vaksin COVID-19 ini berasal dari Amerika Serikat. Terbuat dari bahan dasar protein sub-unit, yang memiliki efektivitas 85-89 persen. 

6. Sinopharm

Sinopharm adalah vaksin COVID-19 buatan China yang mengandung virus yang dimatikan (inactivated virus). Vaksin ini memiliki efektivitas sebesar 79,34 persen. 

7. Sputnik V

Vaksin COVID-19 lainnya yang digunakan di Indonesia adalah Sputnik V. Vaksin buatan Rusia ini memiliki bahan dasar viral vector. Klaim efektivitas vaksin ini adalah sekitar 91,6 persen.

Komentar atas Desa Gitgit mendapatkan jatah 100 Vaksin Covid19

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Prakiraan Cuaca

+18
°
C
H: +30°
L: +26°
Gitgit
Tuesday, 19 June
See 7-Day Forecast
Wed Thu Fri Sat Sun Mon
+18° +29° +29° +28° +30° +30°
+18° +19° +18° +19° +26° +26°

Kalender Bali

Lokasi Gitgit

tampilkan dalam peta lebih besar