Bimtek Tata Kelola Kearsipan Kantor Perbekel Gitgit

Ketut Marta Eviyanti 02 Agustus 2018 08:55:53 WITA

Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Arsip adalah aset yang sangat berharga, warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan.

Bimtek tata kelola kearsipan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng untuk Desa Gitgit dilaksanakan selama dua hari yaitu dari tanggal 31 Juli 2018 sampai dengan 1 Agustus 2018. Bertempat di ruang rapat Kantor Perbekel Gitgit, kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM selaku Kabid PPPA dan dihadiri oleh tim pembina kearsipan, Sekretaris Desa Gitgit, Kasi dan Kaur, petugas teknis kearsipan Desa Gitgit, serta seluruh Kelian Banjar Dinas di wilayah Desa Gitgit.

Pada kesempatan tersebut, Bapak I Putu Kariaman Putra, S.Sos, MM menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya tata kelola arsip yang tepat dalam pemerintahan desa, yang mana arsip harus dijaga dan dikelola sesuai dengan aturan yang berlaku. Selanjutnya Kasi, Kaur, dan Kelian Banjar Dinas melakukan praktek langsung untuk mengelola arsip aktif masing-masing yaitu arsip tahun 2017 dan 2018, mulai dari cara megolah arsip sampai dengan cara penyimpanannya. Kegiatan tersebut berlangsung sampai dengan pukul 14.00 WITA.

Bimtek hari kedua difokuskan untuk pengelolaan arsip inaktif yaitu arsip yang tidak dipergunakan untuk kepentingan penyelesaian pekerjaan yang sedang berlangsung di unit kerja dan hanya digunakan untuk kepentingan referensi, pengambilan keputusan, bukti hukum dan alasan lainnya bagi pelaksanaan kegiatan instansi. Sama seperti bimtek hari pertama, kegiatan ini didampingi langsung oleh Tim Pembina kearsipan, mulai dari mengelompokkan arsip sampai dengan memasukkan arsip ke dalam boks.

 

Dari kegiatan ini diharapkan seluruh Perangkat Desa Gitgit dapat melaksanakan pengelolaan arsip dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

Komentar atas Bimtek Tata Kelola Kearsipan Kantor Perbekel Gitgit

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Prakiraan Cuaca

+18
°
C
H: +30°
L: +26°
Gitgit
Tuesday, 19 June
See 7-Day Forecast
Wed Thu Fri Sat Sun Mon
+18° +29° +29° +28° +30° +30°
+18° +19° +18° +19° +26° +26°

Kalender Bali

Lokasi Gitgit

tampilkan dalam peta lebih besar